Senin, 13 Mei 2013

DANA PENGAMANAN PILKADA SIAP DICAIRKAN

Kotabumi (SL) – Dana Pengamanan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) Lampung Utara (Lampura) sebesar Rp. 1,5 M dipastikan bakal dapat dicairkan dalam waktu dekat.

“Realisasinya (pencairan) dalam waktu dekat ini dikarenakan Nota Kesepakatan bersama dengan pihak keamanan masih dipelajari dan diverifikasi oleh Asisten I Bidang Pemerintah dan Hukum, Aristoni,” kata Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) setempat, Pardis. RA, diruang kerjanya, Senin (13/5).

Dalam membuat Nota Kesepakatan tersebut, Pardis mengatakan bahwa pihaknya mengambil referensi atau acuan dari Kabupaten lain yang baru menggelar hajatan Pemilukada diantaranya Kabupaten Tulang Bawang, Lampung Barat dan Tanggamus. “Kita mengambil referensi dari tiga Kabupaten itu dalam membuat Nota Kesepakatan tersebut,” terangnya.

Nota kesepakatan bersama ini, masih katanya, memegang peranan penting dalam proses pencairan dana tersebut. Lantaran pihaknya enggan pengalaman pahit pada Pemilukada 2008 lalu terulang. Dimana, dana pengamanan Pemilukada pada tahun tersebut sempat bermasalah. “Nota kesepakatan ini untuk memperjelas rencana kebutuhan Polres Lampura dalam Pemilukada. Jangan nanti setelah selesai Pilkada kita kena masalah. Mereka yang ngabisin duit. Kami yang kena masalah. Mereka kan enak aparat, kalau kami kan sipil,” beber dia.

Didalam Nota Kesepakatan ini, katanya lagi, akan mengatur mengenai tahapan pencairan dana pengamanan Pemilukada itu. Dimana, pencairan dana itu sendiri rencananya akan dibagi dalam tiga tahap. “Mereka (Polisi) minta dicairkan dalam dua tahap. Bahkan, sebelumnya mereka minta dana itu dicairkan sekaligus saja. Tapi, kita ingin pencairan dana itu dibagi dalam tiga tahap,” jelas dia.

Dijelaskannya, bila pencairan dana itu melalui tiga tahap, maka pihak Kepolisian harus menyerahkan Surat Pertanggungjawaban atau SPj penggunaan dana pada tahapan sebelumnya. Oleh karenanya, dirinya sempat meminta kepada pihak Kepolisian untuk menyerahkan persoalan ini kepada bendahara Polres. “SPj yang tanggung jawab itu bendahara,” terang dia.

Sementara mengenai besaran alokasi dana pengamanan yang akan diterima oleh pihak Kepolisian dan Komando Distrik Militer (Kodim) 0412, dirinya menyebutkan bahwa dana pengamanan untuk Polres Lampura sebesar Rp. 1.203.000.000. sedangkan, Kodim 0412  sebesar Rp. 250 juta. Setelah dipotong pajak, itu hasilnya,” ujar dia. 

Ditempat berbeda, Kabag Ops. Polres Lampura, Kompol. M. Sairul A Rambe ketika dihubungi melalui ponselnya enggan berkomentar. “Langsung ke bapak Kapolres aja mas,” katanya singkat. Sementara, Kapolres AKBP. Frans Sentoe tidak berhasil dihubungi meski nomor ponselnya dalam keadaan aktif.(Feaby)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...