Sabtu, 11 Mei 2013

PANDU GERBANG KAMPUNG 2013 DITEMPATKAN DESA BUMI NABUNG

Kotabumi (SL) – Program Terpadu (Pandu) Gerakan Membangun (Gerbang) Kampung dari Kementerian Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat (Kemenko Kesra) pada tahun ini dilaksanakan di Desa Bumi Nabung, Kecamatan Abung Barat.

“Pandu Gerbang Kampung di Lampung Utara akan dilaksanakan di Desa Bumi Nabung, Kecamatan Abung Barat,” terang Sekretaris Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) setempat, Budi T. Tamin, via ponselnya, Minggu (12/5).

Ia menjelaskan bahwa Pandu Gerbang Kampung ini dibawah koordinator Kemenko Kesra yang bertujuan untuk mensinergikan program-program yang sudah ada di kementerian sehingga lebih fokus dalam pengentasan kemiskinan seperti di Desa Bumi Nabung tersebut.

“Desa Bumi Nabung, Kecamatan Abung Barat termasuk salah satu daerah tertinggal atau miskin di Kabupaten Lampung Utara. Inilah yang menjadi alasan mengapa Desa itu terpilih menjadi penerima program tersebut,” kata dia.

Oleh karenanya, masih katanya, guna mensukseskan program tersebut, pihaknya telah meminta kepada pihak Kecamatan terkait untuk mengusulkan apa saja yang dibutuhkan masyarakatnya guna mempercepat pengentasan kemiskinan didaerah tersebut.

“Kita sudah minta pihak Kecamatan untuk mengusulkan kebutuhan yang diperlukan. Sementara ini, usulan yang telah disetujui adalah program bedah rumah untuk sekitar 200 Kepala Keluarga,” jelasnya tanpa merinci usulan lainnya yang telah diajukan oleh pihak Kecamatan tersebut.

Mengenai waktu pelaksanaan, ia menyebutkan bahwa kemungkinan besar program ini akan dilaksanakan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan mendatang dan diluncurkan langsung oleh Kemenko Kesra. “Semuanya tergantung dari pihak Kementerian karena informasi yang kami terima, ada sebagian program itu yang akan dilaksanakan pada tahun 2014. Tapi sekali lagi, itu tergantung dari pihak Kementerian,” ungkapnya.

Selain dari Pandu Gerbang Kampung yang dilaksanakan di Kecamatan Abung Barat tersebut, Budi menambahkan, masih terdapat program pengentasan kemiskinan lainnya yakni program Quick Wins dari Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas). Program Quick Wins ini akan dilaksanakan di Kecamatan Sungkai Selatan.

Sementara, Camat Abung Barat, Murni Rizal ketika dihubungi membenarkan bahwa salah satu Desa di Kecamatan yang dipimpinnya mendapat Pandu Gerbang Kampung. “Benar. Salah satu Desa di Kecamatan saya yakni Desa Bumi Nabung mendapat program itu. Pihak Desa telah mengusulkan kepada kita mengenai apa saja yang dibutuhkan masyarakat di Desa itu. Usulan itu telah kita sampaikan kepada Pemkab Lampura melalui Bappeda,” ucapnya.(Feaby)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...