Selasa, 22 Maret 2011

ZAINAL TANDATANGANI MOU PROLEGDA LU 2011

Kotabumi, Luno - Bupati Lampung Utara, Drs. Hi. Zainal Abidin, SE., MM., menghadiri, serta menandatangani Nota Kesepakatan tentang Pembahasan Program Legislasi Daerah Kabupaten Lampung Utara tahun 2011, dalam Rapat Paripurna DPRD tentang Pembahasan Prolegda Kabupaten Lampung Utara, di Ruang Sidang DPRD Kabupaten Lampung Utara, Selasa (15/03). Rapat Paripurna ini merupakan tindak lanjut dari hasil Rapat Badan Musyawarah DPRD Kabupaten Lampung Utara beberapa waktu yang lalu, yang membahas tentang Program Legislasi Daerah Tahun 2011. 

Dalam sambutan pembukaan, Zainal menyampaikan bahwa Pembentukan Peraturan Daerah (Perda) merupakan salah satu unsur penting dalam rangka pembangunan hukum daerah dalam bingkai sistem hukum nasional. Dalam rangka tertib administrasi dan peningkatan kualitas penyusunan peraturan perundang-undangan di daerah, perlu disusun Program Legilasi Daerah secara terarah, terkoordinasi dan terpadu setiap tahunnya. Sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2004, bahwa dalam rangka perencanaan penyusunan Peraturan Daerah dilakukan dalam suatu Program Legislasi Daerah atau yang disingkat dengan Prolegda. 

”Program Legislasi Daerah (Prolegda) sebagai instrumen perencanaan program pembentukan Peraturan Daerah yang disusun secara berencana, terpadu, dan sistematis, sangat diperlukan dalam menata sistem hukum daerah secara menyeluruh dan terpadu, sebagaimana tertuang dalam Pasal 1 ayat (3) Undang-Undang Dasar negara republik Indonesia Tahun 1945,” paparnya. 

Selanjutnya, Bupati Lampura ini mengharapkan dengan penandatanganan Nota Kesepakatan ini, akan dapat mempercepat proses pembentukan Peraturan Daerah (Perda) sebagai bagian dari pembangunan sistem hukum daerah dan sistem hukum nasional. "Saya berharap, semoga dengan ditanda tanganinya Nota Kesepakatan ini, akan dapat mewujudkan penyelenggaraan otonomi daerah yang berlandaskan Peraturan Daerah yang aspiratif, berkepastian hukum dan berkeadilan terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat Lampung Utara, sebagaimana tertuang dalam Visi Prolegda,”pungkasnya.(aby)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...