Senin, 28 Maret 2011

SUSUN RKPD, PEMKAB LAMPURA ADAKAN MUSRENBANG 2011

Bupati Lampung Utara Zainal Abidin didampingi Sekdakab Drs. Paryadi. MM dan Forkopimda Lampung Utara, memberikan pengarahan sekaligus membuka acara  Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (MUSRENBANG RKPD) Lampung Utara Tahun 2012, di Aula Pemkab. Lampung Utara, Senin (28/3).
Kotabumi, Luno – Bupati Lampung Utara, Drs. Hi. Zainal Abidin, MM, membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Lampung Utara tahun 2011, di aula Pemkab Lampung Utara, Senin (28/3). Kegiatan Musrenbang ini akan berlangsung hingga Selasa (29/3). Musrenbang ini juga dihadiri oleh Ketua DPRD Lampung Utara, Wakil Bupati, Sekdakab, para Asisten, Staf Ahli  dan para Kabag di lingkungan Setdakab. Lampung Utara, Forkopimda, serta Kepala Dinas, Badan, Kantor se-Lampung Utara. 

Forum Musrenbang Kabupaten Lampung Utara ini, diselenggarakan guna menyusun Rancangan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD), yang memuat tentang Rancangan Kerangka Ekonomi Daerah, Prioritas Pembangunan, Rencana Kerja, maupun Rencana Pembiayaannya. Termasuk rencana kegiatan atau program yang dilaksanakan langsung oleh pemerintah ataupun yang ditempuh dengan cara mendorong partisipasi masyarakat dalam membangun daerahnya masing-masing.
Dalam sambutan, Zainal mengatakan, Musrenbang adalah Forum antar pelaku pembangunan, yang melibatkan semua pihak (stakeholder) yang berkepentingan terhadap pembangunan di kabupaten Lampung Utara dalam rangka menyusun rencana Pembangunan Nasional dan Rencana Pembangunan Daerah, untuk menjamin terciptanya integrasi, sinkronisasi dan sinergi baik antar daerah, antar ruang antar waktu, antar fungsi pemerintah, maupun antar pusat dan daerah. Disamping itu, Musrenbang ini juga bertujuan untuk menciptakan rasa memiliki dan menyerap aspirasi masyarakat, antara lain Perguruan Tinggi (PT), Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), pemuka adat, pemuka agama, dan pemuka masyarakat serta dunia usaha dan yang akan dihasilkan pada forum Musrenbang ini, diharapkan dapat memotivasi mengikat semua pihak untuk berpartisipasi dalam pembangunan.

”Perencanaan pembangunan daerah, merupakan satu kesatuan yang tak terpisahkan, dalam sistem perencanaan pembangunan nasional. Untuk menjamin agar kegiatan pembangunan dapat berjalan efektif, efisien dan mempunyai sasaran yang jelas, maka perlu disusun suatu perencanaan pembangunan yang terpadu dan  menyeluruh,” papar Zainal. 

Lebih lanjut, Bupati Lampung Utara ini mengungkapkan, Perencanaan pembangunan sedapat mungkin harus melibatkan 3 (tiga) elemen pelaku pembangunan, yaitu, pemerintahan,  dunia usaha,  serta masyarakat. Pembangunan tidak akan bergerak maju, apabila salah satu dari tiga komponen tersebut tidak optimal melaksanakan peran dan fungsinya. 
”Perencanaan yang baik harus disusun secara sistematis, terarah, terpadu, menyeluruh dan responsif terhadap perubahan. Perencanaan pembangunan pun dilakukan secara bertahap sesuai prediksi jangka waktunya. Ada rencana pembangunan jangka panjang,  jangka menengah, maupun rencana pembangunan tahunan yang sedang kita persiapkan pada saat ini,” urai Zainal. 
Pada kesempatan ini, tak lupa Zainal menyampaikan harapannya, agar semua pihak dapat memanfaatkan Forum Musrenbang ini secara optimal, dengan melakukan pendalaman dan pematangan kembali terhadap program-program yang telah dihasilkan pada tahapan-tahapan perencanaan sebelumnya. Hal ini dilakukan guna menghasilkan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Lampung Utara, yang dapat menjawab permasalahan-permasalahan yang ada dan menyentuh segenap kepentingan masyarakat. Pada gilirannya nanti, program-program tersebut diharapkan mampu untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Lampung Utara.(Aby)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...