Jumat, 25 Maret 2011

Diduga Kades Cabang Abung Raya, Rampas Hak Warga

Kotabumi, Luno - Merasa haknya dirampas, Sugini (40) melaporkan Herdiyanto, Kepala Desa Terpilih Cabang Abung Raya,Kecamatan Abung Selatan, Lampung Utara,  ke DPRD dan Polres Lampung Utara, Kamis (24/3). 

Menurut Sugini, Herdiyanto telah merampas perkebunan Karet seluas 9 Ha, dan Sawah siap Panen seluas 3 Ha. Sehingga, Kerugian Sugini  ini ditaksir Ratusan juta. Untuk itu, Ia  membawa masalah tersebut ke DPRD Lampura guna minta Suaka.”saya merasa hak saya dirampas, oleh kades itu. Kami dari  dulu yang mengurus perkebunan itu,, kenapa tiba-tiba diambil paksa,”. terang Sugini, sembari menunggu kedatangan pimpinan DPRD, diruang Protokol DPRD Lampura, Kamis (24/3).

Selain itu, Sugini menceritakan.apa yang dilakukan oleh Herdiyanto, disebabkan adanya surat kuasa yang diberikan ibunya, Laginah (100), kepada Herdiyanto selaku Kades. Namun surat tersebut, bukan untuk  mengusai. Tapi, untuk menjaganya.”tidak ada bunyi yang menyebutkan, semua lahan jadi milik Kades. Kenapa tiba-tiba, semua jadi milik pribadinya”. Katanya keheranan.

Surat kuasa yang ada pada Hardiyanto, sangat meragukan. Karena yang memberikan kuasa, atas nama Waginah, bukan Laginah. Dan anehnya lagi, Laginah sampai sekarang hilang entah kemana. setelah ada seseorang tak dikenal datang kerumah Sugini, membawa Laginah pergi. Sehingga, Sugini tidak bias berbuat apa-apa. Bahkan Darmin, suaminya sempat ditahan saat menderes Karet miliknya, oleh anggota Polsek Abung Selatan.”makanya kami bingung, kok suami saya ditangkap. Itukan karet kami, wajar kami yang menikmatinya. Herannya, ibu saya sampai sekarang belum pulang. kami gak tahu kemana, kalau ibu ada kan semua jelas,”. ungkap Sugini. 

Kejadian ini, sudah dilaporkan ke Polsek Abung Selatan. Namun menurut Sugini, laporan tidak dindahkan. Sehingga, Ia meminta perlindungan ke DPRD lampung utara.” Inilah satu-satunya tempat kami mengadu, saya sudah putus asa,”.rintihnya.

Iironinya, setelah sekian lama menunggu, tak satupun annggota DPRD yang muncul. Setelah dikonfirmasi, para anggota DPRD sedang melakukan reses.  Akhirnya, Sugini bertekad menyambangi Polres Lampura. Hjal ini untuk menjelaskan pada Kapolres, tentang permasalah yang ada. Sampai berita ini diturunkan, Sugini masih menunggu Kapolres di Polres lampura.(Aby)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...