Rabu, 03 Juli 2013

RAWAN NARKOBA, DISPOBUDPAR GELAR SOSIALISASI


Kotabumi (SL) – Sadar Kabupatennya merupakan daerah rawan Narkoba, Dinas Pemuda, Olahraga, Budaya Dan Pariwisata (Disporbudpar) Lampung Utara berencana bakal segera menggelar kegiatan sosilisasi penyuluhan dan kegiatan sosialisasi diwilayahnya.

“Kita telah berkoordinasi dengan pak Wakil Bupati Rohimat Aslan yang juga Ketua Badan Narkotika Nasional (BNNK) Kabupaten Lampura terkait rencana itu. Hasilnya, beliau (Wakil Bupati) meminta kita segera melakukan kegiatan sosialisasi itu sesuai dengan anggaran yang ada,” kata Evril Irawan, diruang kerjanya, Rabu (3/7).

Sasaran utama dari kegiatan sosialisasi ini, masih katanya, adalah para kalangan remaja atau pelajar serta masyarakat umum. Sementara, tujuan dari kegiatan ini sendiri adalah untuk melakukan pencegahan terhadap bahaya Narkoba dan AIDS.

Menurutnya, kegiatan sosialisasi ini sengaja lebih difokuskan kepada kalangan remaja atau generasi muda dikarenakan usia remaja merupakan usia yang sangat rentan terhadap pengaruh – pengaruh negatif dan secara psikologis masih tergolong labil.

“Bentuk kegiatannya yakni penyuluhan - penyuluhan ke berbagai sekolah, Kelurahan maupun Desa,” katanya.

Disamping penyuluhan keberbagai tempat tersebut, pihaknya juga akan melakukan pendekatan persuasif kepada para pemuda yang dikemas dalam bentuk sebuah kegiatan agar potensi dan bakat pra kalangan remaja dapat tergali secara maksimal. “Langkah ini (Kegiatan) juga akan kita lakukan demi menghindarkan para remaja dari lingkaran narkoba dan pergaulan bebas,” ungkapnya.

Apa yang dilakukan ini, sambungnya lagi, merupakan salah tugas dan fungsi dari Disporabudpar dalam memperhatikan pembinaan pemuda dan remaja baik pembinaan  secara mental dan spiritual. “Muaranya untuk meningkatkan prestasi pemuda dan pelajar disemua bidang,” ujarnya.

Ketika ditanya mengenai alasan mengapa pihaknya tidak menggelar kegiatan dalam memperingati Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) yang juga menjadi tanggung jawab pihaknya, ia menjelaskan bahwa hal ini disebabkan padatnya jadwal kegiatan HUT Lampura beberapa waktu lalu.

“Jujur saja, memang HANI kemarin terlewatkan. Tapi itu bukan karena kita sengaja melewatkannya. Ini dikarenakan padatnya kegiatan yang kita kerjakan dalam HUT Lampura,” jelasnya seraya menambahkan hal ini akan menjadikan pembelajaran berharga bagi pihaknya dimasa mendatang.

Ditempat berbeda, Ketua BNNK setempat, Rohimat Aslan mengaku akan mendukung sepenuhnya kegiatan yang akan digelar oleh pihak Disporbudpar. Mengingat tingginya jumlah Pengguna Jarum Suntik (Penasun) di Lampura. “Selaku Ketua BNNK Lampura tentu saya mendukung sekali kegiatan penanggulangan pencegahan bahaya narkoba dan aids yang akan digelar Disporabudpar itu,” tuntas pria yang akrab dipanggil pak
haji ini.(Feaby).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...