Kamis, 04 Juli 2013

PULUHAN PENGENDARA TERJARING OPERASI PATUH

-->
Kotabumi (SL) - Polres Lampung Utara (Lampura) menggelar Razia Patuh yang direncanakan akan berlangsung selama 14 hari kedepan. Operasi ini sendiri bertujuan untuk menciptakan kondisi keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran (Kamseltibcar) lalu lintas dalam bulan suci puasa.

“Operasi patuh ini dimulai sejak tanggal 4 hingga 17 Juli mendatang. Tujuan dari operasi ini adalah untuk menciptakan kondisi yang kondusif pada bulan suci puasa,” kata Kanit pengaturan, penjagaan, pengawalan, patroli lalu lintas (Turjawali) Polres setempat, Iptu. Elvis disela pelaksanaan operasi tersebut dijalan Jenderal Sudirman, Kamis (4/7).


Sasaran dari operasi ini, katanya, diantaranya kendaraan yang tidak memiliki kelengkapan kendaraan,  kelengkapan surat-surat  kendaraan para pengemudinya seperti Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) dan surat izin mengemudi (SIM). “Titik dari operasi ini adalah seluruh wilayah Kotabumi dan sekitarnya,” ungkap dia.

Ia mengakui, tingkat kesadaran para pengendara diwilayahnya terbilang cukup rendah baik dalam hal keamanan, ketertiban dan keselamatan dalam berlalu lintas. “Para pengendara banyak yang kurang memahami bagaimana itu berkendara dengan baik,” ujar dia.

Dalam Operasi Patuh kali ini, ia menerangkan, pihaknya membagi kegiatan ini dalam tiga bentuk. Dimana, proses penegakan hukum kepada para pengendara yang tidak mengindahkan keselamatan atau tidak lengkap kelengkapan kendaraan akan menjadi prioritas utama. “Porsi penegakan hukum mencapai 50 persen. Penyuluhan 25 persen serta tindakan preventif, pencegahan pelanggaran melalui penjagaan serta 25 persean lainnya untuk pengawalan dan pengamanan,” beber dia seraya menerangkan bahwa tingkat kelalaian manusia menjadi faktor utama dalam kecelakaan lalu lintas.

Ditanya mengenai langkah antisipasi apa yang akan dilakukan pihaknya untuk mencegah kemacetan yang acap kali terjadi dalam bulan suci Ramadhan dan menjelang Idul Fitri, ia menyebutkan, pihaknya akan melakukan patroli rutin dan penempatan anggota pada sejumlah titik yang dinilai rawan dengan tingkat kemacetan.

“Kita harap masyarakat, operasi ini akan dapat menggugah kesadaran masyaraka dan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang kelengkapan kendaraan atau kelengkapan diri, serta memahami bagaimana berkendara yang baik serta aman,” tutup dia.(Feaby)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...