Rabu, 18 Juli 2012

PREDIKAT KABUPATEN TERMISKIN DITANGGAPI DINGIN

Kotabumi, HL – Pemerintah Kabupaten Lampung Utara (Lampura) menanggapi dingin predikat Kabupaten termiskin diprovinsi Lampung yang dikeluarkan oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Lampung.

“Kita tidak persoalkan predikat itu karena hal itu bukanlah hal yang aneh,” ujar Kabag humas dan Protokol Pemkab Lampura, Syahrudin Putra, Selasa (17/7).

Bahkan, dengan lugas Syahrudin balik mempertanyakan landasan penetapan predikat tersebut. Sebab, dirinya meragukan keakuratan data yang dimiliki oleh Bappeda Provinsi Lampung. Lantaran, dirinya menilai indikator dan metodelogi yang digunakan oleh Bappeda Provinsi Lampung dalam menyematkan predikat tersebut kepada Kabupaten Lampura tidak jelas.

“Indikator kemiskinan itu apa. Metode yang mereka gunakan dalam sampel masyarakat miskin itu apa?. Klasifikasi kemiskinan itu bagaimana?. Apakah dengan makan sekali itu bisa diaktakan miskin?. Kan belum jelas?,” tanya dia dengan heran.

Kendati demikian, dirinya mengatakan bahwa predikat tersebut akan menjadi masukan yang berarti bagi pemerintahan Bupati Zainal Abidin guna dijadikan sebagai bahan introspeksi dan evaluasi dalam melakukan berbagai pembenahan.

“Kita akui masih banyak kelemahan yang menuntut berbagai pembenahan yang harus dilakukan oleh pemerintahan ini. Namun, kita tidak akan emosional menanggapi predikat itu. Yang kita perlukan saat ini bagaimana kita bekerja…bekerja dan bekerja untuk kepentingan masyarakat Lampura,” papar dia.

Sementara, Kepala Bappeda setempat, Efendi ketika dikonfirmasi berapa banyak jumlah warga miskin diwilayahnya mengaku tidak mengetahui secara pasti jumlah warga miskin Lampura. Parahnya lagi, Kepala Bappeda ini juga menyatakan bahwa pihaknya tidak memiliki data tentang
jumlah warga miskin Lampura.

“Kita tidak punya data terbaru tentang jumlah warga miskin Lampura. Yang punya data warga miskin itu hanya Badan Pusat Statistik (BPS). Data yang kita punya hanya data tahun 2008,” kilah dia.

Diketahui, Bappeda Provinsi Lampung melalui Sekretaris, Priyanto Putra Selasa (17/7) melansir berbagai Kabupaten miskin diprovinsi Lampung dan Kabupaten Lampura menempati urutan teratas dari daftar Kabupaten miskin yang dikeluarkan oleh Badan tersebut.HLD-28

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...