Senin, 16 Juli 2012

EMPAT PIMPINAN DPRD TIDAK HADIR PADA PARIPURNA

Kotabumi, HL – Rapat Paripurna DPRD Lampung Utara (Lampura) yang mengagendakan penyampain pandangan Fraksi – fraksi terhadap Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPj) Bupati Lampura yang dijadwalkan Senin (16/7) terpaksa dibatalkan. Penyebabnya, jumlah wakil rakyat setempat yang hadir tidak mencapai kuorum alias hanya dihadiri 19 orang wakil rakyat saja.

Menariknya, dari sembilan belas wakil rakyat yang hadir tersebut, tidak ada satu orang pun dari unsur pimpinan DPRD setempat yang hadir, baik Ketua DPRD sendiri hingga Wakil Ketua III DPRD Lampura.

Sedianya, Paripurna ini sendiri akan dimulai sejak pukul 09:00 WIB, namun hingga pukul 11:00 WIB, jumlah wakil rakyat tidak juga mencapai kuorum dan kondisi ini semakin diperparah dengan tidak adanya unsur pimpinan DPRD yang tampak pada rapat paripurna itu.

Tidak kuorum dan tidak hadirnya seorang pun unsur pimpinan DPRD, memaksa para ketua Fraksi DPRD setempat untuk menggelar rapat sesaat sebelum memutuskan penundaan rapat paripurna tersebut.

Menurut Mardani Umar, sekretaris Komisi A DPRD setempat ketika ditemui usai rapat tersebut mengatakan bahwa pihaknya mengaku sangat prihatin terhadap pembatalan rapat paripurna tersebut karena dirinya menganggap peristiwa ini sungguh memalukan.

Dirinya juga mengkritisi ketidakhadiran keempat pimpinan DPRD Lampura dalam rapat tersebut. Lantaran menurut dirinya, tidak hadirnya seluruh unsur pimpinan lembaga legislatif Lampura dalam sebuah rapat paripurna merupakan peristiwa langka alias jarang terjadi.

“Meski Sekretaris DPRD telah mengemukakan alasan ketidakhadiran keempat pimpinan DPRD Lampura, namun kondisi ini sangat langka. Belum pernah terjadi dalam sepuluh tahun terakhir ini, jika tak seorang pun pimpinan DPRD yang hadir dalam rapat sebuah rapat paripurna,” ujar dia seraya melontarkan permintaan maafnya kepada seluruh masyarakat Lampura karena paripurna ini terpaksa dibatalkan.

Menyikapi hal tersebut, Ketua Badan Kehormatan, Mahendra Riski saat dikonfirmasi juga menyatakan bahwa rasa keprihatinannya atas pembatalan rapat penting tersebut.

Untuk itu, ujar dia, pihaknya akan berkoordinasi kepada seluruh pimpinan Fraksi DPRD Lampura guna memberikan himbauan kepada anggotanya masing – masing agar dapat lebih aktif menghadiri rapat – rapat yang sudah diagendakan oleh Badan Musyawarah karena hal ini merupakan salah satu bentuk tanggung jawab kepada masyarakat Lampura..    

“Kita akan koordinasikan persoalan ini kepada masing – masing pimpina Fraksi agar peristiwa seperti ini tidak kembal terulang,” pungkas dia.HLD-28

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...