Minggu, 22 Juli 2012

DEMOKRAT HIMBAU WARGA WASPADA


Kotabumi, HL – Fraksi Partai Demokrat (FPD) DPRD Lampung Utara (Lampura) menghimbau masyarakat setempat agar mewaspadai potensi peningkatan jumlah tindak kejahatan saat bulan suci ramadhan.

“Tingkat kebutuhan ekonomi pada bulan suci ini pasti akan meningkat tajam. Hal inilah yang dapat memicu meningkatnya pula angka kriminalitas seperti perampokan, perampasan, dan pencurian kendaraan bermotor,” ujar anggota FPD DPRD Lampung Utara (Lampura), Wansori, Minggu (19/7).

Melalui kewaspadaan yang tinggi dari masyarakat, terus dia, maka kemungkinan aksi tindak kejahatan akan dapat diminimalisir sedini mungkin. Selain itu, menurut dia, langkah tersebut juga merupakan salah satu bentuk nyata bantuan dan dukungan masyarakat kepada kepolisian dalam menekan aksi kejahatan.

“Sebab, pihak kepolisian sangat membutuhkan dukungan dan kerja sama itu dalam menciptakan keamanan dan situasi yang kondusif,” katanya seraya mengatakan bahwa sudah waktunya masyarakat merubah mind set (pola pikir) bahwa hanya kepolisian yang bertugas menjaga keamanan.

Dalam kesempatan tersebut, wakil rakyat asal Daerah Pemilihan (Dapil) tiga ini juga memberikan apresiasi secara khusus kepada Kapolsek Abung Timur, Iptu. Rohmadi yang telah dapat menekan aksi tindak kejahatan di Kecamatan Abung Timur dan Surakarta yang termasuk wilayah rawan aksi kejahatan di Kabupaten tersebut.

“Sejak dua bulan terakhir ini sudah banyak pelaku tindak kejahatan C3, yakni Pencurian dengan pemberatan (Curat), pencuriaan dengan kekerasan (Curas), pencurian kendaraan bermotor (Curanmor)yang telah ditangkap oleh Polsek Abung Timur yang dipimpin oleh Iptu. Rohmadi. Namun, karena minimnya publikasi kepada masyarakat luas, berbagai keberhasilan tersebut tidak diketahui oleh masyarakat,” bebernya seraya menegaskan bahwa keberhasilan tersebut layak untuk dijadikan contoh bagi Polsek lainnya di Lampura.

Dukungan dari masyarakat, masih kata dia, harus tetap diberikan kepada pihak penegak hukum agar proses penegakan hukum dapat berjalan sebagaimana mestinya. Dukungan tersebut, dapat diwujudkan dalam berbagai bentuk mulai informasi, masukan, dan data yang sangat dibutuhkan oleh kepolisian dalam mengungkap aksi kejahatan.

“Menjaga keamanan itu bukan hanya tugas kepolisian tapi juga tugas masyarakat. Jadi, sudah seyogyanyalah masyarakat mau bahu – membahu bersama pihak penegak hukum aksi kejahatan dapat ditekan seminimal mungkin. Tanpa dukungan dan kerja sama dari masyarakat maka situasi yang kondusif tak akan pernah terwujud,” pungkas politisi muda ini.HLD-28

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...