Senin, 06 Februari 2012

LAPAS ANAK KOTABUMI RUGI 2 MILIAR


Kotabumi, HL - Pasca terbakarnya gedung perkantoran Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Anak Kelas II A Kotabumi, Lampung Utara (Lampura), unit tim identifikasi TKP Polda Lampung, langsung mendatangi lokasi, Senin (6/2). Namun sayang, tim yang berjumlah lima orang dan dipimpin oleh Kompol Suyono itu, enggan berkomentar banyak prihal tugas yang mereka kerjakan.
"Kedatangan kami kesini guna mengecek dan mengidentifikasi saja. Mengenai hasilnya, nanti Puslabfor Palembang yang mengumumkannya," ujar Kompol Suyono. Sementara itu Kepala Lapas Kotabumi, Suprapto menjelaskan untuk sementara jumlah kerugian ditafsir mencapai Rp 2 milyar,"Kami masih melakukan penghitungan untuk mengetahui pasti kerugiannya, sementara diperkirakan Rp 2 milyar" jelas Suprapto.

Perkiraan itu, lanjutnya, berdasarkan surat penting dan surat berharga lainnya ludes terbakar,"Semua arsip penting dan berharga semuanya terbakar," jelasnya seraya memaparkan, akan segera berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait mengenai sejumlah arsip penting yang terbakar.

Dijelaskannya saat kebakaran terjadi, jumlah petugas jaga sebanyak enam orang. Dan para petugas tidak mengetahui jika lantai dua sudah terbakar,"Kami baru mengetahui setelah beberapa warga berteriak. Dan ruangan dilantai dua yang terbakar terdiri dari ruang Kalapas, dua ruang arsip, dua ruang belajar, ruang bagian keuangan, ruang kasubag Tata Usaha, ruang Kepegawaian dan dua kamar mandi. 

Lebih lanjut Kalapas menambahkan, pasca terbakarnya perkantoran Lapas, sebanyak 82 dari 110 penghuni Lapas dititipkan sementara ke Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II B Kotabumi. "23 tahanan kita perbantukan untuk memindahkan barang-barang yang ada dilantai satu ketempat yang lebih aman. Sedangkan 5 orang kita perbantukan untuk memasak. Dan jika situasi sudah memungkinkan, maka para tahanan itu akan segera dipindahkan kembali ke Lapas," ujarnya. 

Sementara Bupati Lampura, Zainal Abidin, didampingi sejumlah jajaran, Senin (6/2) siang meninjau lokasi kebakaran. Untuk diketahui, gedung perkantoran Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Anak kelas II A Kotabumi Lampung Utara (Lampura), Minggu (5/2) Sekitar pukul 08.00 Wib ludes terbakar. Beruntung tak ada korban jiwa dalam kejadian itu, karena api tak sempat menjalar ke sel tahanan dan hanya menghanguskan lantai dua gedung perkantoran yang diantaranya ruang Kepala Lapas serta ruang belajar bagi tahanan. Api dapat dipadamkan sekitar satu jam setelah dua unit mobil pemadam kebakaran dari Pemkab setempat tiba dilokasi. HLD-38

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...