Rabu, 19 Februari 2014

YLKI DUKUNG UPAYA PEMKAB TUTUP ALFAMART 'KADALUARSA'

Kotabumi (SL) - Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Lampung Utara (Lampura) mendukung penuh langkah Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat yang berniat menutup operasional Alfarmart dijalan Jenderal Sudirman, Kotabumi. Lantaran YLKI menilai menjual makanan atau minuman kadaluarsa kepada konsumen termasuk sebuah tindak kejahatan.

"Kami YLKI sangat setuju sekali dengan langkah (penutupan) itu," kata Pembina YLKI Lampura, Saleh Ahmad, Rabu (19/2).

Menurutnya, tindakan tegas harus segera ditempuh oleh Pemkab Lampura guna melindungi masyarakatnya dari makanan maupun minuman kadaluarsa yang dapat membahayakan keselamatan. "(Makanan/minuman kadaluarsa) Sangat membahayakan karena mengancam jiwa manusia. (Nyawa) Itu tidak ada nilainya," tandas dia.

Bahkan, Ketua Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) ini mengkhendaki pihak penegak hukum membawa perkara tersebut ke ranah hukum sehingga peristiwa yang sama tidak kembali terulang dimasa mendatang karena hal itu termasuk kejahatan sebagaimana yang diatur dalam Undang - Undang Nomor 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen. "(Pelakunya) Terancam pidana lima tahun," tukasnya.

Sebelumnya, Pemkab Lampura mengancam akan menutup operasional Alfamart dijalan Jenderal Sudirman, Kotabumi yang kedapatan menjual minuman/makanan yang kadaluarsa. "Kita akan tindak tegas mereka. Jika perlu kita tutup," tegas Kepala Bagian Perekonomian Pemkab, Selasa (18/2).

Namun sebelum menjatuhkan sanksi, pihaknya akan memanggil terlebih dahulu pihak pengelola Alfarmart tersebut guna mengetahui alasan sebenarnya mengapa minuman kadaluarsa itu masih dijual kepada konsumen. Bilamana terbukti benar bahwa minuman kadaluarsa itu dijual dengan sengaja maka pihaknya tak akan sungkan menjatuhkan sanksi tegas kepada pengelola Alfamart yang berada tak jauh dari kantor Pemkab. "Kita harus tahu dulu apakah penjualan minuman kadaluarsa itu disengaja atau tidak. Setelah itu, baru kita bicara soal sanksi apa yang akan dijatuhkan?" tutur pria yang akrab dengan sapaan Bung itu.(Feaby)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...